Ini Dia Gejala Virus Corona yang Perlu Diwaspadai

Kita bisa lihat bahwasanya Indonesia saat ini bukan dalam keadaan yang sedang baik-baik saja. Sampai dengan saat ini kasus pasien yang positif corona di Indonesia setiap hari mengalami peningkatan. Berdasarkan dari beberapa sumber berita menjelaskan bahwasanya pasien yang positif terjangkit corona di Indonesia sudah lebih dari 1000 jiwa. Gejala virus corona yang mirip dengan sakit flu biasa dan sangat mudah untuk menular ke orang lain membuat kita sebagai rakyat Indonesia terkadang merasa bahwa apakah Indonesia akan hancur seperti Italia?

Dari sekian banyak berita yang menyebutkan bahwasanya corona sebenarnya memang akan membuat Indonesia menjadi hancur bila memang antara pemerintah dan rakyatnya tidak bisa bekerja sama. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kondisi seperti sekarang ini memang bukan perkara yang mudah. Tidak hanya Indonesia saja yang sedang menghadapi wabah corona tetapi hampir sebagian negara yang ada di dunia. Kita tidak boleh sembarangan dan menganggap sepele wabah tersebut karena bila tidak Indonesia akan sama nasibnya seperti apa yang sekarang terjadi di Italia dan Amerika Serikat.

Di Italia dan Amerika berdasarkan dari sudut pandang banyak berita menyebutkan bahwa mereka sedang dalam kondisi yang tidak baik-baik saja meskipun sebenarnya mereka adalah negara yang maju dan kaya. Akan tetapi bila kita lihat seperti saat ini korban yang mati dan positif terkena corona tidak main-main jumlahnya. Setiap hari angkat kematian di atas 500 orang. Bagaimana bila keadaan seperti itu terjadi di Indonesia? Apa yang akan pemerintah dan rakyat Indonesia lakukan? Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa ciri dan gejala apabila seseorang terjangkit virus corona:

  1. Demam

Apabila seseorang terjangkit virus corona maka akan muncul beberapa gejala yakni demam dengan suhu tubuh yang tinggi. Akan tetapi Anda harus tahu bahwa tidak selamanya demam menandakan seseorang terjangkit corona. Tetapi saat seperti sekarang ini jangan pernah anggap remeh bila demam berlangsung lebih dari 2 hari. Lakukan cek suhu tubuh secara berkala jadi Anda bisa mengetahui perkembangan suhu tubuh Anda.

  1. Sesak Napas

Virus corona memang akan menyerang sistem pernapasan manusia. Jadi apabila Anda memiliki gejala sesak napas maka segera kunjungi layanan kesehatan sehingga segera mendapatkan pemeriksaan yang lebih lanjut. Akan tetapi memang tidak semua pasien corona mengalami gejala seperti ini karena dari setiap pasien yang terinfeksi corona akan memiliki gejala yang berbeda-beda jadi Anda harus tetap waspada.

  1. Batuk/Pilek

Gejala selanjutnya yang muncul apabila terinfeksi corona adalah dengan munculnya pilek dan batuk kering. Sebagai informasi bahwa pilek dan batuk antara orang yang sakit flu biasa dan mereka yang terinfeksi corona memiliki keadaan yang berbeda. Apabila hanya mengalami flu biasa maka lendir akan keluar dari hidung dan lama-lama lendir tersebut akan berubah semakin mengental dan orang yang flu akan sembuh. Kondisi ini akan sangat berbeda dengan orang yang terinfeksi corona.

Apabila Anda mengalami gejala virus corona seperti di atas dan kebetulan Anda memiliki riwayat datang ke negara atau daerah yang terpapar corona segera lakukan pemeriksaan kesehatan. Jangan menunda-nunda apalagi sampai takut untuk datang ke fasilitas dan layanan kesehatan yang ada di daerah Anda karena akibat yang ditimbulkan akan fatal yakni Anda bisa menulari orang yang ada di sekitar Anda termasuk keluarga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *