Ini Dia Beberapa Khasiat Dari Madu Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit Wajah

Bisa dipastikan bahwa semua orang sudah mengenal madu? Terang saja demikian, sebab cairan kental yang dihasilkan dari hewan lebah ini memiliki rasa manis dan lezat. Namun menurut informasi yang didapat, rasa madu asli yang langsung dari sarang lebahnya itu sedikit ada rasa asamnya lho. Ya, sangat berbeda dengan rasa manis madu yang selama ini kita beli dipasaran.Biasanya, madu ini sering dimasukkan kedalam daftar menu sarapan pagi seperti susu, teh, roti tawar, sereal, dan lain sebagainya. Bahkan, tak sedikit juga dari masyarakat kita yang menggunakan madu untuk dijadikan masker perawatan kulit wajah. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang manfaat madu, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Dapat Mengurangi Resiko Obesitas

Berat badan badan yang berlebihan atau yang biasa disebut dengan nama obesitas, merupakan salah satu masalah yang banyak dialami oleh masyarakat modern. Ya, hal itu dikarenakan pola makan mereka yang lebih menyukai makanan-makanan cepat saji. Padahal, makanan cepat saji tersebut memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi lho. Nah, bagi kalian yang memiliki masalah berat badan berlebihan, disarankan untuk mengkonsumsi madu setiap malam sebelum tidur. Pasalnya, madu ini bebas lemak yang juga dapat membakar kalori.  

2. Dapat Menangkal Radikal Bebas

Menumpuknya radikal bebas yang ada dalam tubuh, tentu saja akan memicu berbagai jenis penyakit. Pasalnya, radikal tersebut akan terus menggerogoti system kekebalan tubuh sehingga kita akan mudah terserang berbagai jenis penyakit. Berdasarkan dari hasil penelitian, madu memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Itu artinya, mengkonsumsi madu secara rutin dan teratur dapat meningkatkan system kekebalan tubuh.  

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Apakah kalian mempunyai masalah system pencernaan seperti susah buang air besar atau sembelit? Jika iya, maka kalian dianjurkan untuk mengkonsumsi madu dengan segelas air putih hangat secara rutin dan teratur. Gangguan system pencernaan ini diakibatkan adanya phatogen berbahaya yang ada dalam usus. Madu itu sendiri memiliki kandungan mikroba, yang dapat membunuh pathogen berbahaya dalam usus.

4. Dapat Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat berikutnya dari madu yang wajib kalian ketahui, yakni dapat meningkatkan stamina tubuh. Ya, hal itu dikarenakan tingginya kandungan vitamin dan protein pada madu, yang dapat merangsang sel-sel otot sehingga dapat meningkatkan stamina tubuh.

5. Untuk Perawatan Kulit Wajah

Seperti yang sudah di sebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa madu ini juga sering dijadikan masker untuk perawatan kulit wajah. Mengenai cara membuat dan cara menggunakan maskernya, siapkan 1 butir telur, pisahkan antara kuning dan putih telurnya, kemudian sisihkan putih telurnya kedalam mangkuk. Tambahkan dengan 1 sendok makan madu, aduk-aduk, lalu aplikasikan pada wajah secara merata sambil dipijat-pijat memutar.

Istirahatkan kurang lebih selama 20 – 25 menit, lalu basuh kembali wajah anda dengan air hangat sampai bersih. Adapun mengenai beberapa manfaat dari penggunaan masker tersebut yang diantaranya dapat menghaluskan kulit, melembabkan kulit, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, mengikis flek hitam, mengatasi serta mencegah jerawat, sampai mencegah penuaan dini.

Nah, itulah beberapa khasiat dari madu untuk kesehatan tubuh dan kulit wajah, yang mungkin saja bisa menjadi inspirasi bagi kalian. Selamat mencobanya, dan jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *