Cara Merawat Aki Kering Motor Berkualitas Agar Tahan Lama


Melakukan perawatan terhadap aki kering motor berkualitas bisa dikatakan mudah. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang yang ahli di bidang otomotif. Kendaraan motor, tidak bisa dilepaskan dari aki. Hampir semua kendaraan bermotor bahkan mobil sekalipun sudah menggunakan alat yang satu ini. Dahulu mungkin anda bisa menemukan kendaraan yang tidak memerlukan aki. Akan tetapi, sekarang dengan teknologi yang kendaraan sudah menggunakan ijeksi, rasanya tanpa aki kendaraan tidak akan bisa bekerja dengan maksimal. Fungsi aki disini tidak hanya sebagai penyuplai aliran listrik untuk penerangan akan tetapi juga dipakai dalam system dan mekanisme bahan bakar. Hampir sebagian besar kendaan sekarang pompa bahan bakar membutuhkan tenaga listrik yang itu didapatkan dari aki.

Melihat hal tersebut maka anda tidak bisa menganggap aki sebagai hal yang sepele. Anda harus melakukan berbagai perawatan agar aki kering motor berkualitas menjadi tahan lama. Sebelum membahas mengenai cara dalam melakukan perawatan aki kering. Anda harus bisa membedakan terlebih dahulu jenis dari aki. Di mana jenis dari aki sendiri terdapat dua macam yakni aki kering dan aki basah. Aki kering (maintenance free battery) di dalamnya memakai cairan elektrolit. Sifatnya tidak bisa mengap bahkan kalau hal tersebu terjadi maka akan kembali ke dalam wadah menjadi cairan. Hal inilah yang kemudian membuat aki kering tidak lagi membutuhkan isi ulai air aki. Kapasitas arus yang dihasilkan dari aki kering akan lebih besar kalau anda bandingkan jenis aki yang lainnya. Sedangkan untuk aki basah ialah aki yang dalamnya ada cairan. Kalau anda menggunakan aki jenis ini maka harus ada perawatan dengan jangka waktu. Jadi cairan yang terdapat dalam aki basah terbilang memiliki batasan minimal. Bila sudah mencapai batas itu sebaiknya anda menambahkan air aki agar kembali penuh sesuai batasan maksimalnya.

Mendasarkan atas dua jenis tadi maka anda bisa menemukan bahwa aki kering lebih banyak digunakan. Anda bisa melihat motor produk baru yang ada. Hampir sebagian besar kendaraan tersebut menggunakan aki kering motor yang berkualitas. Apalagi kendaraan-kendaraan bermotor yang sudah dilengkapi dengan injeksi. Kenapa bisa demikian? Harus anda ketahui bahwa motor injeksi membutuhkan arus yang lumayan besar. Anda bisa melihat kalau pada motor injeksi aki ternyata tekor atau bermasalah, maka motor tidak sulit untuk dinyalakan. Melihat kenyataan inilah kemudian anda harus bisa melakukan perawatan terhadap aki kering. Bagi motor yang produk baru, anda harus bisa melakukan perawatan aki kering. Mudah kok cara yang bisa dilakukan, bahkan anda bisa merawatnya dengan tangan sendiri.

Bagaimana cara untuk merawat aki kering motor berkualitas? Tenang, pada kesempatan kali ini akan dibagikan caranya kepada pembaca semuanya. Cara pertama yang bisa dilakukan ialah dengan memanasi motor. Maksunya anda harus menyalakan motor setiap hari paling tidak dengan waktu 5 sampai 10 menit. Ada banyak tujuan melakukan cara ini, ternyata bukan hanya untuk mempertahankan kualitas aki kering agar selalu setabil. Memanasi motor tiap hari akan membantu anda untuk membuat mesin motor juga tahan lama. Cara yang kedua ialah dengan berkendara sesuai batasan. Kecepatan dalam berkendara punya pengaruh besar dalam mempertahankan kualitas aki kering. Kalau anda ingin aki kering lebih awet maka anda harus berkendara paling tidak 10-20 menit dalam kecepatan di atas 60 km/jam. Ternyata banyak yang sudah membuktikan bahwa motor yang dipakai dalam kecepatan itu tadi, aki mampu bertahan selama 5 tahun.

Tidak hanya itu saja, kalau anda punya aki motor kering, sebaiknya hindari menggunakan tambahan asesoris. Banyak motor yang kemudian dimodifikasi agar tampil lebih bagus dan terlihat mewah. Sebenarnya hal tersebut kalau anda lakukan tidak menjadi masalah. Itu merupakan hak anda sebagai pemiliknya. Akan tetapi, apa yang anda lakukan tersebut akan memiliki resiko yang harus ditanggung. Walaupun anda mempunyai aki kering motor berkualitas, tetap akan memiliki daya tahan yang pendek. Kenyataan ini karena melihat dengan adanya asesoris akan membuat kebutuhan arus listrik menjadi lebih besar.

Di samping itu, ternyata agar bisa membuat aki menjadi lebih awet dilakukan dengan membatasi menggunaan starter. Menekan starter ternyata ada batasannya kalau ingin menghasilkan daya tahan terhadap aki kering motor berkualitas yang dimiliki. Bila mana anda menekan selama 5 detik kemudian motor elum menyala, maka sebaiknya anda beri jeda terlebih dahulu. Baru kemudian anda melakukan hal yang sama untuk menghidupka motor. Perlu anda ketahui bahwa starter menyerap listrik dari aki yang terbilang besar. Memberikan jeda akan membuat aki kembali dalam keadaan stabil sbelum melakukan kembali. Demikianlah cara yang bisa anda lakukan dalam merawat aki kering motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *