Mengenal 5 Jenis Wewangian Berbeda, Mana Favorit Anda?

Siapa sih, yang tak suka memakai parfum? Wewangian satu ini menjadi favorit banyak orang di samping jenis produk kecantikan seperti body lotion atau pelembap. Tidak hanya untuk para wanita, laki-laki juga banyak sekali yang suka memakai parfum. Bahkan bisa dibilang, kalau tak memakai parfum sehari saja rasanya ada yan kurang. Nah, tapi sebenarnya parfum sendiri merupakan salah satu jenis dari fragrances atau wewangian.

Secara umum, ada 5 jenis wewangian berbeda yang banyak dijual di pasaran. Mana nih, yang jadi favorit Anda?

Eau Fraiche

Eau Fraiche merupakan versi wewangian yang bisa dibilang paling mudah hilang karena aromanya tidak terlalu kuat. Hal ini disebabkan bibit wewangian dicampurkan di dalam alkohol dan air. Sedangkan persentase wewangiannya hanya 1 hingga 3 persen saja. Maka dari itu, wewangian satu ini bukan termasuk jenis yang tahan lama dan bisa bertahan maksimal 1 jam saja.

Cologne (Eau de Cologne)

Eau de cologne merupakan salah satu istilah tertua yang digunakan untuk mendefinisikan parfum. Awalnya, eau de cologne dikenal di Amerika Utara untuk jenis wewangian yang maskulin. Cirinya biasanya memiliki aroma ringat, segar, dan memiliki sedikit sentuhan aroma buah. Eau de cologne juga bukan jenis parfum tahan lama, karena merupakan campuran 2 hingga 4 persen bibit ke dalam air dan alkohol.

Toilette (Eau de Toilette)

Nah, eau de toilette merupakan salah satu jenis parfum tahan lama karena mengandung 5 hingga 15 persen bibit wewangian yang dicampurkan dengan alkohol saja, tanpa air. Hal ini aromanya lebih menempel dan tahan lama bisa mencapai 3 jam lebih.

Eau de Parfum

Jenis satu ini bisa dibilang sedikit lebih kuat dari eau de toilette dengan campuran 15 hingga 20 persen bibit ke dalam alkohol. Jenis ini tergolog sangat tahan lama, bisa digunakan hingga 8 jam dan aromanya masih tercium denganĀ  baik.

Perfume

Perfume biasanya sedikit berminyal karena mengandung hingga 30 persen bibit wewangian. Hanya sekali semprot saja bisa membuatnya tahan hingga 24 jam. Jenis ini biasanya juga memiliki harga yang cukup mahal.

Meski di Indonesia semua wewangian dikenal dengan nama parfum, tapi sebenarnya jenis yang banyak dijual dengan harga terjangkau merupakan kategori cologne. Kalau Anda sendiri, mana nih yang jadi favorit?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *